The Character Education In Teaching English At Secondary School

Authors

  • Sylviana Stefanie SD BPK Penabur Taman Holis Indah, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.36

Keywords:

Pendidikan karakter, sekolah menengah.

Abstract

Mengingat pendidikan karakter akan berjalan dengan baik jika sistem pendidikan nasional mendapat dukungan yang baik, maka nilai-nilai dalam pendidikan karakter dapat dilaksanakan secara berbeda berdasarkan metode pengajaran guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi guru bahasa Inggris SMP dan SMA dalam menyampaikan nilai-nilai karakter dalam pembelajarannya di sebuah sekolah swasta di wilayah Bandung. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif melalui kuesioner, wawancara dalam pengumpulan data, penelitian ini menghasilkan bahwa sebagian besar guru di sekolah menengah telah menerapkan pembentukan nilai karakter dalam cara mereka mengajar, dalam berbagai kegiatan di kelas. Kesimpulannya, meskipun implementasi dari implementasi character building bisa berbeda-beda untuk setiap guru bahasa Inggris, dan kemajuannya tidak dapat diketahui secara instan, upaya tersebut telah dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, guru harus terus-menerus mengubah cara mengajarnya agar siswa tidak benar-benar “sadar” bahwa karakter mereka dibangun secara singkat, dan mengabaikannya sebagai pendidikan nilai yang diacu.

References

Bulach, C. R. (2000). Do moral citizens have character? A presentation to The Association for Moral Education at Glasgow, Scotland.

Bulach, C. R., Malone, B., & Castleman, C. (1995). An investigation of variables related to student achievement. Mid-Western Educational Researcher.

Bryce, Jennifer and Graeme Withers (2003). Engaging Secondary School Students in Lifelong Learning. Australia: Australian Council for Education research.

Berkowitz, Marvin,W, Ph.D, etc. (2005). What Works in Character Education: A Research-driven Guide for Educators. Washington DC: Character Education Partnership.

Brenchley, Cameron. 2014. Taking Action to Improve Teacher Preparation.U.S. Department of Education.

Charlotte-Mecklenburg Schools. 2014. Character Education in The Home.

Fathurahman, Pupuh, Prof.Drs. (2012) Model of The Character Education in Developing Countries. Bandung: Journal of Applied Science Research Condition of Supporting Character Education.

Kirshenblatt-Gimblett, Barbara. (2006) What Is Research Design? The Context of Design. Performance Studies Methods Course syllabus. New York University, Spring 2006; Trochim, William M.K.Research Methods Knowledge Base.

Lickona, Tom, Ph.D., Schalps, Eric, Ph.D and Lewis, Catherine,Ph.D. (2007). CEP’s Eleven Principles of Effective Character Education. Wasington DC: Character Education Partnership.

Nasiti, Bila,T. 2010. The Character Building through Character Education. English Department State University of Malang.

Shafaei, Azadeh. (2012). Computer Assisted Learning: A HelpfulApproach in Learning English. Malaysia : Universiti Sains Malaysia (USM).

Sumantri, Mulyani, Prof,Dr. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Suparno, Paul. (2010). Characters Development and Nation Building. Jakarta : The Jakarta Post.

Thorne,Sally, RN, Ph.D. (2000).Data analysisi in Qualitative Research. Evid Based Nurs.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Sylviana Stefanie. (2022). The Character Education In Teaching English At Secondary School. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(2), 07–14. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.36

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.