Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dalam Rangka Mewujudkan Karakter Generasi Muda Nasionalis
DOI:
https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.35Keywords:
Bahasa Indonesia, Nasionalisme, Generasi MudaAbstract
Abstrak
Lunturnya penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu tampaknya mulai marak di kalangan generasi muda. Banyak sekali generasi muda yang justru bangga ketika dalam kesehariannya fasih dalam berbahasa asing dan justru tidak memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Di tengah keironian tersebut, penulis memberikan analisis singkat mengenai betapa pentingnya berbahasa Indonesia dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme. Diharapkan dengan adanya analisis singkat ini akan menyadarkan generasi muda betapa pentingnya memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Analisis kali ini menggunakan metode analisis deskriptif dimana penelitian berusaha mendiskripsikan suatu fenomena atau kejadian yang terjadi yang datanya berupa sajian data lisan ataupun tertulis dari orang-orang disekitar kawasan objek penelitian yaitu bahasa Indonesia itu sendiri. Dari analisis singkat ini didapatkan kesimpulan bahwa untuk membentuk generasi bangsa yang nasionalis dapat dimulai dari langkah kecil seperti membiasakan diri sendiri untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa keseharian dan terus menerus mengasah kemampuan berbahasa Indonesia baik melalui keterampilan menulis ataupun berbicara.
References
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1).
Anantama, Dwi, M., & Saktiono, H. S. (2019). Akomodasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Buku Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 193–197.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Prihamdani, D. (2022). Implementasi Peranan Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan pada Kurikulum 2013. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 29–40.
Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23–29.
Erwin, E. (2022). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38–44.
Fuadah, I. S. (2020). Modul Pembelajaran SMA: Sejarah Indonesia. Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.
Haling, S., Halim, P., Badruddin, S., & Djanggih, H. (2018). Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional dan Konvensi Internasional. Jurnal Hukum Dan Pembangunan, 48(2), 361–378.
Hasana, H. (2022). FUNGSI DAN PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PENULISAN ILMIAH. Jurnal Literasiologi, 8(4).
Isnaini, H., & Rosmawati, I. (2021). Mahasiswa dan Agen Perubahan pada Puisi “Sajak Pertemuan Mahasiswa” karya W.S. Rendra: Analisis Struktur Lévi-Strauss. Lingua Susastra, Volume 2, Nomor 2, 92-104. Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI “AR-RIAYAH.” Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis
Karakter di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community
Development Journal, Vol. 1 No. 2, 78-83.
Kurniawati, R. (2019). Inobel: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Graf Literature.
Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualititaif (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 10(No. 1), 52–56.
Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16–24.
Rahayu, M. . (2019). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda Yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jurnal Pendidikan, Vol. 28(No. 3), Hal 289-304.
Sari, M. K. (n.d.). Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2019.
Solehun, S. (2017). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 Pgsd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 329.
Subakti, H. (2021). Asas Bahsa Indonesia Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 31–33.
Supini, P., Sudradjat, R. T., & Isnaini, H. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 4 No. 1, 16-23.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019a). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019. Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Cokroaminoto, Palopo, Vol. 5 No. 2, 383-398.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019b). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Uniska Kediri, Vol. 1 No. 2, 52-58. Widodo, A., Anar, A. ., Nursaptini, N., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). The Role Of Community Education in Improving The Literacy of Elementary School Chlidren: A Case Study of Small Group Reading Communitu in Central Lombok. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 615–623. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8053
Yulianto, D., & Nugraheni, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.