Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD 114 Bojongkoneng Bandung
DOI:
https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.47Keywords:
pembelajran, Bahasa dan sastra, Indonesia .Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah mengenali peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien, baik secara lisan maupun tulisan,bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan benar untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara intelektual,emosional dan sosial, mengunakan dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia.
References
Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.
Bahasa, P. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depertemen Pendidikan Nasional.
Christin, N. (2021). Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Wujud Bela Negara. Available at: https://yoursay.suara.com/news/2021/01/09/102738/bangga-menggunakan-bahasa-indonesia-sebagai-wujud-bela-negara, diakses tanggal 7 Oktober 2022.
Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Daffa, A. (2021). Aku Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia. Available at: https://www.viva.co.id/vstory/sastra-vstory/1338559-aku-bangga-menggunakan-bahasa-indonesia, diakses tanggal 5 Oktober 2022.
Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di
Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021.
Community Development Journal, Vol. 1 No. 3, 277-283.
Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis
Karakter di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community
Development Journal, Vol. 1 No. 2, 78-83.
Johannes, I. K. (2019). Kausa yang Halal dan Kedudukan Bahasa Indonesia dalam Hukum Perjanjian. Sinar Grafika.
Minhatul, Ma’rif. 2020. Sikap Berbahasa Remaja Kota Dan Kabupaten Serang Pada Bahasa Jawa Serang (Jaseng) Terhadap Kebudayaaan Indonesia. Jurnal membaca. Volume 5.
Mulyaningsih, Indra. 2017. Sikap Masyarakat sekitar terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Indonesia Language education and
Rukni, S. (2013). Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa.
Jurnal Ilmiah Buana Sastra. http://hdl.handle.net/11617/3483.
Sidarabariba, Afrita. 2013. Sikap Bahasa Masyarakat sekitar SMPN 2 Simanindo di Sarmata Kecamatan Simanindo Kab. Samosir Terhadap Bahasa Indionesia. Jurnal
Supini, P., Sudradjat, R. T., & Isnaini, H. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 4 No. 1, 16-23.
U Mansyur. (2018). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan tinggi https://osf.io/preprints/inarxiv/te3df/.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019a). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019. Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Cokroaminoto, Palopo, Vol. 5 No. 2, 383-398.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019b). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Uniska Kediri, Vol. 1 No. 2, 52-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.