Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA

Authors

  • Ngangga Saputra SMAN-1 Damang Batu
  • Misnawati Misnawati
  • Siti Muslimah MTsN-1 Kapuas
  • Anwarsani Anwarsani SLBN-1 Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Siti Rahmawati SLBN-1 Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Nabila Salwa SMK Karsa Mulya Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.72

Keywords:

Language Style, Folktales, Literature Learning.

Abstract

The purpose of this research is to describe the forms of language style in the Central Kalimantan folktales by the 10th-grade students of SMAN I Damang Batu and to investigate their implications for literature learning in high schools. The research technique used was qualitative descriptive research with content analysis. Based on the analysis conducted by the author, the research findings revealed the existence of language style in the Central Kalimantan folktales by the 10th-grade students of SMAN I Damang Batu, namely emotive language style with four quotes, connotative meaning with four quotes, hyperbole with four quotes, metaphor with five quotes, and personification with five quotes. Therefore, the dominant language style used in the Central Kalimantan folktales by the 10th-grade students of SMAN I Damang Batu is the metaphor and personification style.

References

Afifuddin dan Saebeni, Beni Ahmad. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Pustaka Setia.

Andianto, dkk. 1989. Fonologi Bahasa Dusun. Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Kalimantan Tengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Aminuddin, 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Algensindo.

Aminuddin, 1998. Semantik: Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru.

Bassnett, Susan. 1991. Translation Studies. USA Canada: Routledge.

Brislin, Richard W. ed. 1976. Translation: Applications and Research. Newyork: Gradner Press.

Danandjaja. James. 1997. Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT Pustaka Ilmu Grafiti.

Eko Widodo, Sisyono & Yohanes Suwanto. 2008. Foklor Jawa Di Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo dan Sumbangannya Terhadap Pelestarian Lingkungan (Penelitian Ilmiah dalam Jurnal Pendidikan UNS).

Emzir. 2015. Teori dan Pengajaran Penerjemahan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Endraswara, S. (2022). Teori Sastra Terbaru Perspektif Transdisipliner. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Eriyanto. 2015. Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya Jakarta: Kencana.

https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2006/01/pengertian-cerita rakyat menurut para ahli.html. 9 September, 2018.

http://indonesiatera.blogspot.co.id/2006/ the free encyclopedia memahami cerita rakyat Indonesia. html. 12 Agustus, 2018.

http://tugas-rianti.blogspot.com/2015/05/sastra anak terjemahan sebagai bahan. Html. 9 Oktober 2018.

Fitriah, D., Misnawati, M., Perdana, I., Purwaka, A., & Veniaty, S. (2023, April). Nilai Perjuangan Dalam Film Hafalan Shalat Delisa Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Drama Peserta Didik SMP Kelas VIII. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 144-154).

Holsti, Ole R. 1969. Content Analysis for the Social Science and Humanities. Massachusetts: Addision Publising.

Khair, U., & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Analisis Citraan Dalam Kumpulan Puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berduakarya Boy Candra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 36-44.

Manik, B., Umam, W. K., Irawan, F., Veronica, M., Misnawati, M., Nurachmana, A., & Christy, N. A. (2023). Taman Baca dan Belajar “Ransel Buku” Sebagai Aksi Nyata Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Buku dan Kegiatan Literasi. Journal of Student Research, 1(1), 141-158.

Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67).

Misnawati, M. (2022). Kalimat Efektif dalam Laporan Kegiatan Relawan Demokrasi Relasi Berkebutuhan Khusus pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 228-239.

Misnawati, M. (2022). Teori Ekopuitika untuk Penelitian Sastra Lisan. Drestanta Pelita Indonesia Press.

Misnawati, M., Maysani, D., Diman, P., & Perdana, I. (2022). Keindahan Bunyi Sebagai Identitas Kultural Masyarakat Dayak Maanyan Dalam Sastra Lisan Tumet Leut. Drestanta Pelita Indonesia Press.

Misnawati, M. P., & Anwarsani, S. P. (2000). Teori Stuktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. GUEPEDIA.

Nababan, V. D., Diman, P., & Cuesdeyeni, P. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 67-78.

Simamora, S. E., Diman, P., Asi, Y. E., Purwaka, A., & Christy, N. A. (2023, April). Gaya Bahasa Metafora Dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 126-143).

Saputra, N., Nurachmana, A., Putri, H. A. R., Sidarwati, N., & Sarcie, S. (2022, May). MAJAS PERULANGAN DALAM BUKU ANTOLOGI PUISI GURU “TENTANG SEBUAH BUKU DAN RAHASIA ILMU” SERTA IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 60-74).

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simantupang. 2000. Pengantar Teori Terjemahan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Suryana, Asep. 2007. Tahap-tahap Penelitian Kualitatif. Bandung: Universitas Indonesia.

Suryawinata & Hariyanto, Sugeng. 2003. Bahasan Teori & Penuntun Praktis Menerjemahkan. Yogyakarta: Kanisius.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Patrisia, R., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Diman, P., & Misnawati, M. (2023, April). Analisis Semiotika Terhadap Prosesi Ngamuan Gunung Perak Pada Upacara Pernikahan Adat Dayak Maanyan Di Kabupaten Barito Timur. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 171-185).

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Poerwadi, P., Misnawati, M., & Sari, F. M. (2023). Literary Phenomenology in Ngaju Dayak Folklore. Journal of World Science, 2(2), 261-277.

Sudarma, Djaja & Fatimah. 1999. Semantik 2, Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: PT Replika Aditama.

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Wellek, Rene & Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Yusuf, M., Darihastining, S., & Ahya, A. S. (2022, November). Simbolisme Budaya Jawa Dalam Novel Darmagandhul (Kajian Etnosemiotik). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 54-69).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ngangga Saputra, Misnawati Misnawati, Siti Muslimah, Anwarsani Anwarsani, Siti Rahmawati, & Nabila Salwa. (2023). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(1), 33–51. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.72

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.