Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas IV SDN 1 Sumberwaru Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • MUHAMMAD ZAKONI STAI Nahdlatul Wathan Samawa Sumawa Besar NTB

DOI:

https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.62

Keywords:

Model Kooperatif Tipe STAD, Peningkatan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di kelas IV SDN 1 Sumberwaru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus dihentikan ketika indikator keberhasilan telah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan belajar untuk mata pelajaran PAI kelas IV yaitu 70.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil belajar ditunjukan hasil pretest dengan persentase ketuntasan belajar 48% dan terjadi peningkatan pada hasil posttest siklus 1 menjadi 76%, dan meningkat lagi pada hasil posttest siklus 2 menjadi 97%. Peningkatan hasil belajar dari hasil pretest, posttest siklus I ke posttest siklus II dikarenakan perbaikan dalam penerapan LT setelah mengevaluasi kegiatan proses belajar dan hasil belajar.

Dari hasil observasi pada proses pembelajaran, siswa meyukai pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Siswa menjadi lebih aktif dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan Hasil belajar siswa.

References

Purwanto, Ngalim. 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UUSPN dan Peraturan Pelaksanaannya. 1992. Jakarta;sinar Gozali

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

M.A. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nuansa Media

Hamruni, 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Isjoni. 2010.Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Fathurrohman, Muhammad. Model-model pembelajaran inovatif. 31

Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kirikulum 2013. Yogyakarta: Ar- ruz Media

Trianto. 2009. Mendesain Model Progresif: Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

MUHAMMAD ZAKONI. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas IV SDN 1 Sumberwaru Tahun Pelajaran 2020/2021. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(2), 108–123. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.62

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.