Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas IV SDN 1 Sumberwaru Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.62Keywords:
Model Kooperatif Tipe STAD, Peningkatan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di kelas IV SDN 1 Sumberwaru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus dihentikan ketika indikator keberhasilan telah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan belajar untuk mata pelajaran PAI kelas IV yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil belajar ditunjukan hasil pretest dengan persentase ketuntasan belajar 48% dan terjadi peningkatan pada hasil posttest siklus 1 menjadi 76%, dan meningkat lagi pada hasil posttest siklus 2 menjadi 97%. Peningkatan hasil belajar dari hasil pretest, posttest siklus I ke posttest siklus II dikarenakan perbaikan dalam penerapan LT setelah mengevaluasi kegiatan proses belajar dan hasil belajar.
Dari hasil observasi pada proses pembelajaran, siswa meyukai pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Siswa menjadi lebih aktif dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan Hasil belajar siswa.
References
Purwanto, Ngalim. 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UUSPN dan Peraturan Pelaksanaannya. 1992. Jakarta;sinar Gozali
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
M.A. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nuansa Media
Hamruni, 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Isjoni. 2010.Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Fathurrohman, Muhammad. Model-model pembelajaran inovatif. 31
Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kirikulum 2013. Yogyakarta: Ar- ruz Media
Trianto. 2009. Mendesain Model Progresif: Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.