Desain Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Dalam Menulis Teks Puisi untuk Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.55606/protasis.v1i1.19Keywords:
Media pembelajaran, animasi Powtoon, menulis teks puisiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang dinilai kurang aktif, kreatif dan inovatif untuk menunjang proses belajar siswa. Terutama dalam hal menulis puisi. Manfaat dari animasi Powtoon ini di antaranya adalah media pembelajaran yang melibatkan audio visual. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model yang digunakan merupakan turunan dari model ADDIE namun dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tahap awal yaitu tahap (analysis) analisis dan (Design) desain. Berdasarkan hasil analisis kurikulum, peneliti merancang desain pembelajaran menulis teks puisi berbasis animasi Powtoon. Pertama, peneliti menggunakan Microsoft Word untuk membuat kerangka desain, kemudian menggunakan aplikasi Powtoon untuk mendesain pembelajaran. Peneliti membahas proses pembuatan desain media pendidikan. Perbaikan yang dilakukan peneliti untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam perancangan media pembelajaran. Diharapkan hasil rancangan pembelajaran menulis teks puisi untuk kelas X SMA yang dikembangkan peneliti dapat bermanfaat bagi siswa. Artinya, siswa secara mandiri dapat mencapai tingkat kemahiran dan meningkatkan kreativitas menulis khususnya dalam teks puisi.
References
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.
Fitriani, Nina. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Huscroft-D’Angelo, Jacqueline, Kristina Higgins, and Lindy Crawford. 2019. “Technology, Attitude and Mathematics: A Descriptive Examination of the Literature Spanning Three Decades.” International Journal of Technology Enhanced Learning 11(1): 36. http://www.inderscience.com/link.php ?id=96737 (August 13, 2019).
Latifah, Nurul, and Lazulva Lazulva. 2020. “Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur.” Journal Education and Chemistry 2(1): 26–31
Mahnun, Nunu. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27– 34.
Meianti, Andis. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). Google ScholarWahidin, Unang. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.
Rofifah, Oktavia Dhiya, and Triwati Rahayu. "Desain media pembelajaran berbasis powtoon dalam teks iklan untuk siswa kelas VIII SMP." Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) 3.2 (2021): 83-89.
Sanaky, A.H Hujair. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kauka
Sari, Asri Wahyuni, Diyan Permata Yanda, and STKIP PGRI Sumatera Barat. "Kontribusi Minat Baca Puisi Dan Penguasaan Gaya Bahasa Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti." Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V2. i2 179 (2016): 193.
Sari, Winda Setia, Juli Rachmadani Hasibuan, and Citra Anggia Putri. "Facilitating novice writers with a creative writing workshop in poetry writing classroom (Indonesian EFL context)." Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 3.2 (2020): 706-713.