URGENSI LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Inayatul Muyassaroh Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.51

Keywords:

Society 5.0, literasi digital, mahasiswa

Abstract

Literasi digital di era society 5.0 sangatlah penting bagi mahasiswa, dimana konsep tersebut menjadi komponen utama dalam penggunaan teknologi digital supaya dapat berjalan secara baik dan benar. Literas digital banyak dimanfaatkan dikalangan masyarakat terutama mahasiswa di era society 5.0, yaitu untuk memperoleh teknis pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan saat penggunaan media digital di era society 5.0. Penelitian ini adalah jenis penelitian literatur review dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel jurnal nasional yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sembilan komponen literasi digital yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam menghadapi era society 5.0, yaitu social networking, transliteracy, maintaining privacy, managing identity, creating content, organising and sharing content, reusing/repurposing content, filtering and selecting content, serta self broadcasting .

References

Achaqie, H. N. R. (2022). Pemanfaatan social network analysis (SNA) untuk analisis pemetaan komunikasi pada pegawai bank syariah di Jawa Tengah: Social Network Analysis. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2(1), 42-49. DOI https://doi.org/10.55606/teknik.v2i1.179 .

Affandi, D., & Wijayani, I. (2022). Social media as self existence in students using tiktok applications. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(3), 300-311. DOI https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i3.2108 .

ALIF, M. (2020, October 17). Bahasa arab dan problematika transliterasi. DOI https://doi.org/10.31219/osf.io/jksqt .

Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 2(1), 386-389. Retrived from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/313 .

Anggraeni, H. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203. DOI https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5168 .

Anggraini, O., & Supriyanto, S. (2019). Literasi digital. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019, 117-126. https://doi.org/10.33510/slki.2019.117-126 .

Artis, A., & Syahputra, Z. (2018). Strategi dakwah berbasis social network (tinjauan majelis dakwah al-bahjah Cirebon). Idarotuna, 1(1), 1-15. DOI http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v1i1.6063

Ashari, M. (2019). Jurnalisme digital: Dari pengumpulan informasi sampai penyebaran pesan. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 1-16. DOI http://dx.doi.org/10.33376/ik.v4i1.286 .

Bali, M. M. (2013). Peran dosen dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Humaniora, 4(2), 800-810. DOI https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508 .

Bentelu, A. S., Sentinuwo, S., & Lantang, O. (2016). Animasi 3 dimensi pencegahan cyber crime (studi kasus: Kota Manado). Jurnal Teknik Informatika, 8(1). DOI https://doi.org/10.35793/jti.8.1.2016.13171 .

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12. Retrieved from http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43 .

Desiningrum, D. R., Indriana, Y., & Siswati, S. (2017). Intensi penggunaan gadget dan kecerdasan emosional pada remaja awal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1. Retrieved from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2175 .

Ebtanastiti, D. F., & Muis, T. (2014). Survei pilihan karir mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, 4(3), 1-10. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=TRGMEDUAAAAJ&citation_for_view=TRGMEDUAAAAJ:mB3voiENLucC .

Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130-161. DOI https://doi.org/10.22146/jf.42521 .

Farinda, F. U., & Camila, S. N. (2021). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta tantangan di era revolusi society 5.0. Prosiding Samasta, 9(1), 297-305. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/297%20%E2%80%93%20305 .

Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Penerapan literasi digital dalam aktivitas pembelajaran daring mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 439-448. DOI https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784 .

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan media youtube pada saat pandemi covid 19 untuk media pembelajaran bahasa inggris dalam meningkatkan vocabulary dan pemahaman siswa. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12-18. Retrieved from http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/33 .

Handayani, N. N. L., Muliastrini, N. K. E., Gotama, P. B. A. P., & Karnitawati, N. M. (2021). Pembelajaran era disrupsi menuju era society 5.0 (telaah perspektif pendidikan dasar). LAMPUHYANG, 12(1), 79-91. Retrieved from http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/252 .

Huda, N. (2021). Peluang, tantangan dan dampak digital marketing di era society 5.0. Jurnal Keislaman Terateks, 6(2), 126-144. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/terateks/article/view/5107 .

Irawan, E. (2020). Pelatihan blended learning sebagai upaya menghadapi society 5.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 190-198. DOI http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499 .

Ismail, D. E. (2009). Cyber crime di Indonesia. Jurnal Inovasi, 6(03), 242-247. Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/815 .

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpkm/article/viewFile/25370/18954 .

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76. DOI http://doi.org/10.22146/jpkm.25370 .

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069 .

Kurniawati, T. (2015). Minat membaca mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 227-238. DOI https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.118 .

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas penerapan literasi digital bagi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 241-252. DOI https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397 .

Lukita, C., Christina, S., Pranata, S., & Supriyadi, A. (2022). Peningkatan kapasitas mahasiswa dalam menghadapi peluang dan tantangan di era transformasi digital society 5.0. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 955-962. DOI https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.685 .

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9. DOI https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39 .

Nainggolan, V., Rondonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan media sosial Instagram dalam interaksi sosial antar mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik UNSRAT Manado. ACTA Diurna Komunikasi, 7(4),1-15. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22022.

Nasari, F., & Darma, S. (2013). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: Universitas Potensi Utama). Semnasteknomedia Online, 3(1), 73-78. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837 .

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202. DOI https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32 .

Nurhayati, S., & Falah, A. M. N. (2020). Implementasi workshop literasi digital dalam membangun keberdayaan ekonomi masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 348-359. DOI https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2457 .

Partawibawa, A., Fathudin, S., & Widodo, A. (2014). Peran pembimbing akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 1-8. DOI https://doi.org/10.21831/jptk.v22i1.8851 .

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Semantik, 6(1), 11-24. DOI https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p11-24 .

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022, July). Digitalisasi bahan ajar bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan 5c siswa di era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 356-365). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326 .

Rahayu, P. R. (2021). Praktik gadai kebun sawit di Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur perspektif hukum ekonomi syariah (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya). Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3678/ .

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019, September 15). Teknik menulis review literatur dalam sebuah artikel ilmiah. DOI https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y .

Ramdhan, W., Nofriadi, N., & Dahriansyah, D. (2022). Masyarakat bijak dalam memanfaatkan sosial media di era society 5.0. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159-164.

DOI https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.771 .

Sabri, I. (2019). Peran pendidikan seni di era society 5.0 untuk revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 342-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/302/334 .

Saputra, N. M. A., Hidayatullah, H. T., Abdullah, D., & Muslihati, M. (2020, August). Pelaksanaan layanan cyber counseling pada era society 5.0: kajian konseptual. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 73-79. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/61 .

Sari, A. A., Kusuma, H. E., & Tedjo, B. (2012). Tempat favorit mahasiswa sebagai sarana restorative. Jurnal Lingkungan Binaaan, 1(1), 1-14. Retrieved from https://astrianin.wordpress.com/2012/10/03/tempat-favorit-mahasiswa-sebagai-sarana-restorative/ .

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 3(1), 1-7. DOI http://doi.org/10.25273/research.v3i1.4728 .

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146-156. DOI https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327 .

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/773 .

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. DOI https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 .

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan etika berdigital bagi pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155-2165.

DOI https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203 .

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode system literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77. DOI https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916 .

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). Analisis literasi digital pada konten instagram@ infinitygenre. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 25-34.

DOI https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744 .

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137-141. DOI http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779 .

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). DOI 10.24235/edueksos.v10i2.8096.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Inayatul Muyassaroh, Meilan Arsanti, & Cahyo Hasanudin. (2022). URGENSI LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.51

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.