Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Media Iklan Makanan Di Instagram (Kajian Fonologi Dan Morfologi)

Authors

  • Lisna Lestari Universitas Siliwangi
  • Ghina Ayu Salsabila Universitas Siliwangi
  • Wapa Kamilatul Huda Universitas Siliwangi
  • Aveny Septi Astriani Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.99

Keywords:

Language Errors, Food Advertising Media, Instagram

Abstract

The purpose of this study is to identify and analyze language errors in food advertisements on Instagram, particularly those related to phonological and morphological errors. The study was conducted by collecting samples of food advertisements on Instagram using a descriptive qualitative method. The data used in this study were words and phrases from Instagram food advertisements that had phonological or morphological errors. Data were collected through the observation and note-taking technique. The results of the study showed that there were phonological and morphological errors in the language. The most common error was the use of italics in foreign languages. The results of this study are expected to be used as one example of a language error case, particularly in the field of phonology and morphology.

References

A’yuni, Qurota B N., Santoso, Budi A., Soleh, Dwi R. (2015). “Analisis Kesalahan Berbahasa Berbahasa Tataran Morfologi Dalam Skripsi Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2013”2014”. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (2): 134-171.

Achmad H.P. dan Krisanjaya. (2007). Fonologi Bahasa Indonesia (Modul). Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.

Agustini R., Siti A., Taufik H. (2023). “Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Iklan Produk Pandai Besi”. Literasi (online), Vol. 7, No. 2, diakses pada 20 November 2023.

Alfin, J. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa. UIN SBY. h.5 diakses pada website http:”“digilib.uinsby.ac.id”36212”

Apriwulan, Fajar H., Romania, T., Restiana, M. (2021). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Baliho Makanan (Kajian Morfologi)”. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10 (1): 65-70.

Berutu A.T., dkk. (2023). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Media Iklan Makanan”. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha (online) vol. 3, No. 2, ANALISIS+KESALAHAN+BERBAHASA+PADA+MEDIA+IKLAN+MAKANAN.pdf diakses pada 20 November 2023.

Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferani, dkk. (2023). Makalah Prosedur Analisis Kesalahan Berbahasa serta Jenis Kesalahan Berbahasa Berdasarkan Kategori Lingustik (Fonologi dan Morfologi). Tasikmalaya.

Fernando, M., Basuki, R., Suryadi, S. (2021). “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VII, SMPN 11 Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah KORPUS 5 (1): 72-80.

Ghufron, S. (2015). Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Idora, M., Mustafa, N. M., Septyanti., E. (2021). “Kesalahan Fonologi pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7”. Jurnal Silistik 1 (1): 8-18

Maharani, D., Septianingsih, A, N., Putri, S, R. (2021). “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Grup Band Korea Selatan Super Junior”. Kode: Jurnal Bahasa 10 (2).

Mantasiah, Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Sebuah Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa. Sleman: Deepublish.

Maulida, U. (2021). “Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani”. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 4 (1), 24-34

Prameswari, Y, J., Susanti, Indah, D.. (2020). “Analisis Kesalahan Morfologi pada Unggahan Instagram@ raffinagita1717”. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran 4 (2): 27-36

Saputro, Wahyu E., Puspita, I., Sukmawati, N., Ulya., C. (2021). “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dan Ebi pada Surat Kabar Republika”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 4 (2): 251-261.

Setyawati, Nanik. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Pragmatik. Surakarta : Yuma pustaka.

Sutrisna, D. (2017). “Analisis Kesalahan Morfologi Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar Radar Majalengka Edisi 16 dan 25 April 2016”. Diglosia (online), Vol. 1, No. 1, 426-1022-1-PB.pdf diakses pada 20 November 2023.

Wibowo S., Maya P. (2012). “Pengaruh Iklan Televisi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall)”. JRMSI (online), Vol. 3, No. 1, diakses pada 20 November 2023.

Wijana, Dewi Putu. (2011). Berkenalan dengan Linguistik. Yogyakarta: A. Com Press.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Lisna Lestari, Ghina Ayu Salsabila, Wapa Kamilatul Huda, & Aveny Septi Astriani. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Media Iklan Makanan Di Instagram (Kajian Fonologi Dan Morfologi). Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 55–66. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.99

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.